Madrasah Adiwiyata adalah sebuah program yang bertujuan menciptakan lingkungan madrasah yang sehat, bersih, dan indah. Melalui program ini, diharapkan seluruh masyarakat di sekitar madrasah semakin menyadari pentingnya menjaga lingkungan hijau demi kesehatan dan kesejahteraan bersama.

Tujuan Program Adiwiyata
Tujuan Umum:
Membentuk madrasah yang peduli dan berbudaya lingkungan, sehingga mampu berpartisipasi aktif dalam pelestarian lingkungan serta mendukung pembangunan berkelanjutan untuk generasi saat ini dan mendatang.
Tujuan Khusus:
Mewujudkan warga madrasah yang bertanggung jawab dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan melalui tata kelola madrasah yang baik, mendukung terciptanya pembangunan yang berkelanjutan.
Prinsip Dasar Program Adiwiyata
- Edukatif:
Mengutamakan nilai-nilai pendidikan dan membangun karakter peserta didik agar mencintai lingkungan hidup, baik di madrasah, rumah, maupun masyarakat luas. - Partisipatif:
Semua elemen komunitas madrasah harus terlibat aktif dalam pengelolaan madrasah, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi. Pelibatan ini juga mencakup komite madrasah, pemerintah setempat (contohnya Kementerian Agama Kabupaten Pasuruan), serta orang tua siswa untuk mendukung pelestarian lingkungan yang berdampak positif bagi lingkungan sekitar. - Berkelanjutan:
Setiap kegiatan harus dirancang dan dilaksanakan secara terencana, berkesinambungan, serta komprehensif.
Komponen Utama Madrasah Adiwiyata
- Kebijakan Berwawasan Lingkungan:
- Merumuskan visi dan misi madrasah yang peduli serta berbudaya lingkungan.
- Mengembangkan kebijakan pendidikan lingkungan hidup.
- Meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dalam pendidikan lingkungan hidup.
- Menghemat sumber daya alam.
- Menciptakan lingkungan madrasah yang bersih dan sehat.
- Mengalokasikan dana untuk kegiatan lingkungan hidup.
- Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Lingkungan:
- Mengembangkan model pembelajaran lintas mata pelajaran.
- Menggali dan mengembangkan materi terkait isu lingkungan di masyarakat sekitar.
- Menggunakan metode belajar berbasis lingkungan dan budaya.
- Meningkatkan pengetahuan dan kesadaran siswa melalui kegiatan kurikuler tentang lingkungan hidup.
- Kegiatan Lingkungan Berbasis Partisipatif:
- Mengadakan kegiatan ekstrakurikuler/kurikuler di bidang lingkungan berbasis partisipasi.
- Berpartisipasi dalam aksi lingkungan hidup yang diadakan pihak luar.
- Membentuk kemitraan atau memprakarsai pengembangan pendidikan lingkungan hidup.
- Pengelolaan Sarana Ramah Lingkungan:
- Mengoptimalkan sarana pendukung pendidikan lingkungan hidup.
- Meningkatkan kualitas pengelolaan lingkungan di kawasan madrasah.
- Menghemat sumber daya alam seperti listrik, air, dan alat tulis.
- Menyediakan makanan sehat.
- Mengembangkan sistem pengelolaan sampah yang baik.
Program Adiwiyata tidak hanya bertujuan menciptakan lingkungan madrasah yang nyaman, tetapi juga mendidik warga madrasah untuk menjadi agen perubahan dalam menjaga dan melestarikan lingkungan.
"Tsansega Beriman"