Artikel

Keterampilan Abad 21

    Dibaca 82 kali

Keterampilan Abad 21

 

Keterampilan yang dipelajari orang dengan keterampilan yang dibutuhkan orang itu berbeda. World Economic Forum (2015) melakukan penelitian metaanalisis tentang keterampilan abad ke-21 di pendidikan dasar dan menengah. Keterampilan abad ke-21 terdiri dari 16 keterampilan dengan tiga kategori, yaitu literasi dasar, kompetensi, dan kualitas karakter. Keterampilan abad ke-21 dijelaskan sebagai berikut:

1. Literasi Dasar
Literasi dasar menjelaskan mengenai bagaimana siswa menerapkan keterampilan inti untuk tugas sehari-hari. Keterampilan ini berfungsi sebagai dasar yang dibutuhkan siswa untuk membangun kompetensi dan kualitas karakter yang lebih maju.
Kategori ini terdiri dari 6 (enam) keterampilan yang mencakup:
 
a. Keterampilan Literasi
Keterampilan yang berkaitan dengan teks dan bahasa. Adapun indikator yang diperlukan dalam mencapai keterampilan literasi yaitu:
  1. Memahami, memaknai, dan menyikapi literasi mencakup pengetahuan.
  2. Memahami, memaknai, dan menyikapi literasi mencakup keterampilan.
  3. Memahami, memaknai, dan menyikapi literasi mencakup sikap (Koesnandar, 2021).
b. Keterampilan Numerasi
Keterampilan yang berkaitan dengan angka. Adapun indikator yang diperlukan dalam mencapai keterampilan numerasi yaitu:
  1. Memahami konsep matematika.
  2. Memiliki sikap memghargai kegunaan matematika dalam kehidupan yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika.
  3. Memiliki sikap ulet, dan percaya diri dalam pemecahan masalah (Hertiandito, 2018).
c. Keterampilan Literasi Saintifik
Keterampilan yang berkaitan dengan cara berpikir ilmiah. Adapun indikator yang diperlukan dalam mencapai keterampilan literasi saintik, yaitu:
  1. Mengenali isu yang dapat diselidiki secara ilmiah.
  2. Mengidentifikasi kata kunci untuk mencari informasi ilmiah.
  3. Mengenali langkah penyelidikan ilmiah (Putri, 2021).
d. Keterampilan Literasi Teknologi Informasi Komunikasi (TIK)
Keterampilan yang berkaitan penggunaan teknologi informasi. Adapun indikator yang diperlukan dalam mencapai keterampilan literasi TIK yaitu:
  1. Keterampilan menggunakan tools pembelajaran.
  2. Penguasaan software dan aplikasi pembelajaran.
  3. Keterampilan untuk memanfaatkan media sosial untuk pembelajaran (Koesnandar, 2021).
e. Keterampilan Literasi Keuangan
Keterampilan yang berkaitan dengan pengambilan keputusan terikait keuangan pribadi. Adapun indikator yang diperlukan dalam mencapai keterampilan literasi keuangan, yaitu:
  1. Meningkatkan bahan bacaan bertema keuangan.
  2. Mengikuti kegiatan sekolah yang membahas mengenai keuangan.
  3. Memperbanyak informasi mengenai keuangan (Fianto, Prismayani, & Indra, 2017).
f. Keterampilan Literasi Budaya dan Kewarganegaraan
Keterampilan yang berkaitan dengan pemahaman budaya dan hak-kewajiban sebagai warga Negara. Adapun indikator yang diperlukan dalam mencapai
keterampilan literasi budaya dan kewarganegaraan yaitu:
  1. Meningkatkan bahan bacaan bertema budaya dan kewarganegaraan.
  2. Mengikuti kegiatan sekolah yang membahas mengenai budaya dan kewarganegaraan.
  3. Memperbanyak komunikasi dengan keluarga dan sekolah mengenai budaya dan kewarganegaraan (Hadiansyah, Djumala, & Gani, 2017).
Akuisisi keterampilan ini telah menjadi fokus tradisional pendidikan di seluruh dunia. Secara historis, mampu memahami teks tertulis dan hubungan kuantitatif sudah cukup untuk masuk ke dunia kerja. Sekarang, keterampilan ini hanya mewakili titik awal di jalan menuju penguasaan keterampilan abad ke-21.
 
2. Kompetensi
Kompetensi menggambarkan bagaimana siswa mendekati tantangan yang kompleks. Kategori ini terdiri dari 4 keterampilan yang mencakup:
 
a. Keterampilan Berpikir Kritis
Keterampilan yang berkaitan dengan berpikir kritis dan memecahkan masalah-masalah yang ada dihadapannya. Adapun indikator yang diperlukan dalam mencapai keterampilan berpikir kritis yaitu:
  1. Mencari pernyataan yang jelas dari setiap pertanyaan.
  2. Berusaha mengetahui informasi dengan baik.
  3. Bersikap dan berpikir terbuka (Ayu, 2017).
b. Keterampilan Kreativitas
Keterampilan yang berkaitan dengan menggunakan sudut pandang dan solusi baru untuk menyelesaikan tantangan. Adapun indikator yang diperlukan dalam mencapai keterampilan kreativitas, yaitu:
  1. Memiliki rasa ingin tahu yang besar.
  2. Mampu menyatakan pendapat spontan dan tidak malu-malu.
  3. Mempunyai pendapat sendiri dan tidak mudah terpengaruh oleh orang lain.
c. Keterampilan Komunikasi
Keterampilan yang berkaitan dengan kapasitas komunikasi dengan beragam orang yang berbeda. Adapun indikator yang diperlukan dalam mencapai keterampilan komunikasi yaitu:
  1. Mampu menyampaikan pendapat.
  2. Memiliki tata bahasa yang baik.
  3. Pembicaraan jelas dan mudah dimengerti serta suara terdengar jelas (Rahayu, 2020).
d. Keterampilan Kolaborasi
Keterampilan yang berkaitan dengan kapasitas melakukan sinergi dan kolaborasi dengan anggota tim untuk mencapai tujuan bersama. Adapun indikator yang diperlukan dalam mencapai keterampilan kolaborasi yaitu:
  1. Mampu bekerjasama secara produktif bersama teman sekelompok.
  2. Bekerjasama dalam kelompok untuk menyelesaikan masalah.
  3. Mampu membuat keputusan dengan mempertimbangkan kepentingan bersama.

Kompetensi seperti ini sangat penting bagi tenaga kerja abad ke-21, dimana kemampuan untuk mengevaluasi dan menyampaikan pengetahuan secara kritis, serta bekerja dengan baik dengan tim, telah menjadi norma.

3. Kualitas Karakter
Kualitas karakter menggambarkan bagaimana siswa mendekati lingkungan mereka yang berubah. Kategori ini terdiri dari 6 (enam) keterampilan yang mencakup:

a. Keterampilan Rasa Ingin Tahu
Keterampilan yang berkaitan dengan rasa ingin tahu alamiah tentang hal-hal baru yang terjadi disekitarnya. Adapun indikator yang diperlukan dalam mencapai keterampilan rasa ingin tahu yaitu:
  1. Bertanya atau membaca sumber diluar buku teks tentang materi yang terkait dengan Pembelajaran.
  2. Bertanya tentang sesuatu yang terkait dengan materi pelajaran diluar yang dibahas di kelas.
  3. Membaca atau mendiskusikan gejala alam yang baru terjadi (Carolina Hidayah Citra Ningrum, 2019).
b. Keterampilan Inisiatif
Keterampilan yang berkaitan dengan kapasitas memulai sebuah hal atau berinisiatif tanpa menunggu perintah dari orang lain. Adapun indikator yang diperlukan dalam mencapai keterampilan inisiatif yaitu:
1) Memiliki kemauan dalam diri.
2) Mampu mencari solusi dari setiap masalah.
3) Menyelesaikan masalah tanpa tergantung dari orang lain (Muh Rizal Kidjab, 2019).

c. Keterampilan Ketekunan
Keterampilan yang berkaitan dengan manajemen diri yang mampu mengatasi masalah hingga akhirnya bertahan dan bisa menyelesaikan hingga akhir. Adapun indikator yang diperlukan dalam mencapai keterampilan ketekunan yaitu:
1) Tidak menunda-nunda waktu penyelesaian pekerjaan.
2) Selalu memanfaatkan kesempatan yang ada.
3) Selalu ingin mencoba pekerjaan yang lebih menantang (Busro, 2018).

d. Keterampilan Beradaptasi
Keterampilan yang berkaitan dengan kapasitas menyesuaikan diri dan kelenturan menghadapi perubahan eksternal yang terjadi. Adapun indikator yang diperlukan dalam mencapai keterampilan beradaptasi yaitu: 
  1. Memiliki suasana yang nyaman, aman, dan tentram pada tempat baru.
  2. Berusaha memahami orang lain baik dari aspek prestasi belajar, sosial maupun aspek kepribadiannya.
  3. Menyesuaikan diri dengan orang lain.

e. Keterampilan Kepemimpinan

Keterampilan yang berkaitan dengan memimpin kelompok menuju tujuan bersama. Adapun indikator yang diperlukan dalam mencapai keterampilan kepemimpinan yaitu:

  1. Memberikan peluang dan membantu pengembangan diri.
  2. Menunjukkan kepedulian terhadap orangorang.
  3. Memiliki komitmen terhadap produktivitas dan kualitas (Nasution, 2015).

f. Keterampilan kesadaran Sosial dan Budaya

Keterampialan yang berkaitan dengan mengenali dan menyikapi keragaman fenomena sosial dan budaya. Adapun indikator yang diperlukan dalam mencapai keterampilan sosial dan budaya yaitu: 

  1. Bekerjasama dalam hal yang positif.
  2. Berinteraksi dengan teman berbeda suku dan budaya.
  3. Tidak memilih milih teman.

 

Sumber: Pedoman Penelusuran Minat dan Bakat jenjang SMP tahun 2022

https://repositori.kemdikbud.go.id/26912/1/Pedoman%20Penelusuran%20Minat%20dan%20Bakat%20Jenjang%20SMP.pdf